Junior Church

adminPELAYANAN

Vision – Mission Statement

PENDAHULUAN

Mulai tahun 2008 ini, pembinaan dan pengembangan untuk anak remaja dikelola oleh Departemen Junior Church (JC). Di tahun sebelumnya wadah Junior Church ini ada dalam satu pembinaan di bawah Departemen Anak. Pembentukan Departemen Junior Church secara mandiri sangatlah tepat mengingat pola pendekatan pembinaan remaja memerlukan pendekatan yang lebih khusus dan lebih terarah dikarenakan perannya yang sangat srategis sebagai generasi yang akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan di masa yang akan datang.

Usia remaja (Menurut PBB 12 – 24 tahun, untuk JC disepakati 10-17 tahun) adalah usia transisi bagi seorang anak dalam perkembangannya menuju manusia dewasa. Usia remaja adalah usia kritis dalam perkembangan seorang anak. Dalam masa ini remaja sering dianggap sebagai golongan yang belum serius, pembangkang, dan pemberontak karena dalam masa tersebut mereka ada dalam masa pencarian jati diri (idolation) sehingga pola didik (keteladanan) dan pola penanaman nilai pada usia ini sangat menentukan kualitas mereka di usia dewasa nantinya.

Sesuai dengan Visi Global Gereja yaitu “Prepare The Way For The King of Glory” dan Visi Gereja Lokal dari Yesaya 54 : 2 – 3 “Lapangkanlah tempat kemahmu, dan bentangkanlah tenda tempat kediamanmu, janganlah menghematnya; panjangkanlah tali-tali kemahmu dan pancangkanlah kokoh-kokoh patokmu! Sebab engkau akan mengembang ke kanan dan ke kiri, keturunanmu akan memperoleh bangsa-bangsa, dan mendiami kota-kota yang sunyi, …” maka dalam menyusun program kerjanya, Departemen Junior Church menetapkan Vision dan Mission Statement sbb:

Visi :

“Menjadi wadah yang berfungsi sebagai tabung panah yang berisi anak-anak panah yang tajam dan siap dilesatkan”.

Visi ini didasari dari Mazmur 127 : 4 – 5 “Seperti anak-anak panah di tangan pahlawan, demikianlah anak-anak pada masa muda. Berbahagialah orang yang telah membuat penuh tabung panahnya dengan semuanya itu”. Dengan Visi ini Departemen Junior Church dalam pelayanannya akan mengambil peran sebagai kontributor pelayanan dan pemimpin gereja di masa depan sehingga Departemen Junior Church ikut mengambil bagian dalam mewujudkan Visi Global Gereja dalam mempersiapkan umat yang layak untuk mempersiapkan jalan bagi datangnya Raja Kemuliaan.

Misi :

“Mempersiapkan dan mendidik para remaja sehingga menjadi pribadi yang berjiwa besar, berhati misi, aktif dalam melayani dan siap menjadi kader pemimpin di masa depan untuk gereja, negara, dan bangsa-bangsa”.

Dengan Misi ini, dalam pelayanannya Departemen Junior Church akan membina dan mendidik para remaja untuk menjadi pribadi yang memiliki Roh yang luar biasa (Excellent Sprit) sehingga didapati 10 kali lebih cerdas dari orang-orang di jaman ini. Cerdas yang dimaksud adalah Cerdas Secara Spirit (SQ)

– Takut akan Tuhan

– Hidup kudus di tengah dunia yang tidak kudus

– Suka berdoa, memuji, dan menyembah Tuhan (Pray, Praise, dan Worship) Cerdas secara Emosi (EQ)

– Berjiwa besar dan berkarakter baik

– Disukai oleh banyak orang dan membawa pengaruh yang baik dalam pergaulan dan dalam bermasyarakat Cerdas secara Intelektual (IQ)

– Memiliki kepandaian dan prestasi sehingga dapat menjadi saksi bagi dunia.

– Memiliki kreatifas dan inovasi yang tinggi

– Memilki kecepatan dalam mengikuti perkembangan dunia

Dengan 3 kecerdasan ini maka apa yang terdapat dalam Lukas 2 : 52 menjadi kenyataan “Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia”. Sehingga sejak dini para remaja sudah dipersiapkan menjadi suatu umat yang layak (Lukas 1 : 16 – 17)

Motto Junior Church :

3 G Generation (Three G Generation) : Good, Great, and Growing Generation